Nontoners.com – Josee seperti proyek reuni antara aktor Nam Joo-hyuk dan Han Ji-min setelah kerja sama mereka dalam drama berjudul The Light in Your Eyes pada 2019 lalu, dimana akting keduanya membuat banyak penonton baper dan berharap mereka dapat kembali dipasangkan dalam judul lainnya.

Sinopsis

Lee Young-seok, seorang mahasiswa dan pekerja paruh waktu, sedang berada di sebuah toko kelontong kala melihat seorang gadis penyandang disabilitas terjatuh dari kursi rodanya akibat ulah usil beberapa anak remaja. Karena kecelakaan itu, kursi roda si gadis pun rusak. Young-seok kemudian berinisiatif mengantar gadis itu pulang dengan menaiki sebuah gerobak.

Gadis disabilitas itu, Josee, tinggal dengan seorang nenek yang bekerja dengan mengumpulkan barang-barang bekas. Untuk membalas kebaikan Young-seok, Josee mengajak pria muda itu untuk makan bersama.

Saat hubungan keduanya semakin dekat, Young-seok kemudian menyadari bahwa Josee yang suka membaca buku dan menceritakan kisah hidupnya yang luar biasa, mampu mengenali berbagai kandungan minuman beralkohol terutama wiski. Ia bahkan memiliki tempat khusus untuk menyimpan botol-botol kosong minuman itu.

Josee

Setelah kematian sang nenek, Young-seok memutuskan untuk tinggal bersama di rumah Josee. Mereka berdua terlihat saling menyayangi dan tak terpisahkan. Mereka bahkan sudah merencanakan perjalanan luar negeri bersama. Namun suatu hari, Josee justru meminta Young-seok pergi.

Pendapat setelah menonton

Tak seperti kebanyakan drama Korea yang sering membuat banjir air mata, Josee seolah hadir untuk melewati batas yang sudah ditetapkan itu. Alih-alih menghadirkan kisah sedih, ia justru bermain pada area yang lebih suram lagi.

Josee sebagai gadis disabilitas, secara tak sadar membangun sebuah tembok guna melindungi dirinya sendiri. Meski di satu sisi ia ingin dicintai, namun di sisi lain ia juga begitu takut jika kehadiran dirinya yang dianggap tak sempurna justru menjadi beban bagi orang lain.

Josee

Jika direnungkan lebih dalam, Josee sebagai tokoh sentral secara tak langsung justru memberikan gambaran secara gamblang mengenai kondisi psikologi kebanyakan generasi muda saat ini. Dimana mereka lebih memilih untuk hidup sebagai lajang agar tak merasakan sakit hati akibat penolakan atau juga perpisahan.

Sayangnya saya justru tak menemukan chemistry antar kedua tokoh utama. Joo-hyuk seolah canggung di sepanjang film berlangsung, sementara Ji-min terlihat tak terlalu peduli dengan lawan mainnya yang kesulitan.

Josee

Judul              : Josee

Rilis                : 30 Desember 2020

Sutradara      : Kim Jong-kwan

Produser        : Lee Joon-san

Produksi        :

Distributor    : CBI Pictures

Genre             : Drama

Durasi            : 117 menit

Pemain          : Han Ji-min, Nam Joo-hyuk, Heo Jin, Park Ye-jin, Jo Bok-rae, Lee So-hee, Lee Sung-wook.
Tonton trailernya di sini.