Nontoners.com – Perfilman Indonesia memang selalu marak dengan nama baru dan wajah yang muda, namun siapa yang tidak mengenal Tutie Kirana, ibunda dari penulis Djenar Maesa Ayu ini termasuk pelaku seni peran yang masih eksis sampai saat ini.

Aktris kelahiran Surabaya ini mendapat kesempatan bermain pertama kali dalam film Pendekar Bambu Kuning (1972), kemudian bermain dalam film besutan Wim Umboh berjudul Mama (1972). Selanjutnya Tutie bermain dalam film yang disutradarai oleh Sjuman Djaja, Flamboyan (1972) dan Si Doel Anak Betawi (1973). Bermain kembali dalam Calon Sarjana (1974) dan  Maria, Maria, Maria (1974) arahan sutradara Hasmanan.

Poster resmi dari Mantan Manten produksi Visinema Pictures yang dibintangi oleh Arifin Putra dan Atiqah Hasiholan

Namanya sempat tiga kali diunggulkan dalam Festival Film Indonesia. Pada Festival Film Indonesia (FFI) 1979, Tutie menjadi nomine aktris terbaik dalam film Buaya Deli (1978), dalam FFI 1980, menjadi nomine pemain pembantu wanita terbaik dalam film Buah Terlarang (1979), dan pada FFI 1987 menjadi nomine pemain pembantu terbaik dalam film Tinggal Sesaat Lagi (1986). Awal tahun 1990-an, ia pernah bermain dalam sebuah sinetron berjudul Pedang Keadilan. Lalu pada tahun 2002, Tutie bermain dalam Ca Bau Kan, setelah sempat absen lama sebelumnya.

Ca Bau Kan menjadi pengantar jalan Tutie untuk kembali di jalur film nasional. Setelah film itu rilis, berbondong-bondong sutradara nasional meminangnya untuk tampil dalam film-film mereka. Sebut saja nama-nama macam Riri Riza (Gie dan Tiga Hari untuk Selamanya), Rudi Soedjarwo (Pocong 1—film ini tak jadi diedarkan, dan In the Name of Love), Lola Amaria (Betina), Lance (Jakarta Undercover), dan ada Viva Westi (May). Kali ini Tutie Kirana bertemu kembali dengan Atiqah Hasiholan yang pernah beradu akting di film 3 Nafas Likas (2014) dalam film Mantan Manten produksi Visinema Pictures. Film yang akan rilis 4 April 2019 nanti ini memasang Tutie Kirana sebagai Marjanti, seorang pemaes manten yang menjadi kunci dalam kehidupan Yasnina (Atiqah Hasiholan).

LEAVE A REPLY