Nontoners.com – Meski sempat ditunda rilis karena COVID-19, The Secret Garden akhirnya siap untuk melambungkan imajinasi para penontonnya.

Sinopsis

Mary tiba-tiba saja menjadi yatim setelah orang tuanya tewas karena penyakit kolera yang melanda India pada 1940-an. Ia ditemukan dalam keadaan lapar dan kotor oleh seorang tentara. Ia kemudian dikirim untuk tinggal bersama sang paman di Yorkshire.

The Secret GardenTuan Craven, sang paman, memiliki rumah yang sangat besar dan banyak aturan. Mary dilarang untuk menjelajahi ruang-ruang dalam rumah. Sayangnya Mary yang kritis dan penasaran tak mau tinggal diam. Hingga suatu hari ia bertemu dengan Colin, sepupu yang dianggap sekarat oleh sang paman dan harus minum banyak obat, dan Dickon, pemburu yang juga adik dari salah satu pekerja di rumah Tuan Craven.

Mary yang sering berkeliling rumah, suatu hari menemukan sebuah taman. Pada saat yang bersamaan, ia juga menemukan surat-surat lama sang ibu yang dikirimkan untuk saudara perempuannya, ibu dari Colin. Surat-surat yang kemudian membuatnya yakin bahwa taman yang ia temukan memiliki kekuatan. Salah satunya untuk menyembuhkan Colin dan membawa kebahagiaan kembali ke rumah sang paman.

Ulasan

Tak seperti original soundrack film berjudul sama yang begitu menghipnotis, saya justru merasa The Secret Garden tak tampil secara maksimal. Plot awal film berjalan cukup lambat, hingga saya perlu meraba kemana arah film ini akan berlabuh.

Mary digambarkan sebagai anak pembangkang, pembohong, dan juga ceroboh. Ia bahkan hampir selalu pulang dengan pakaian penuh lumpur. Namun semua tindakan buruknya itu seolah-olah menjadi suatu hal yang wajar dan dibenarkan.


Pertemuannya dengan Dickon juga terasa bertele-tele dan menyebalkan. Mengapa Dickon tak segera menampakan diri ketika Mary menyapanya? Lalu mengapa padang rumput itu selalu saja berkabut dan terasa misterius?

Penggambaran taman yang indah nan ajaib rasanya juga tak terlalu meyakinkan. Selain akar rambat yang tiba-tiba berbunga, bergerak membantu Mary memanjat dinding, dan pohon berdaun raksasa serupa daun talas yang tiba-tiba mati saat Colin marah, taman ini terasa tak ada bedanya dengan taman yang lain.

Butuh lebih banyak hal mengagumkan untuk menjadikan film ini terasa ajaib. Atau ia hanya akan berakhir sebagai sebuah film panjang yang membosankan.

Judul                   : The Secret Garden

Rilis                      : 13 Mei 2021

Sutradara           : Marc Munden

Produser          : David Heyman, Rosie Alison

Produksi          : StudioCanal, Heyday Films

Distributor        : CBI Pictures

Genre              : Fantasi

Durasi              : 106 menit

Pemain            : Colin Firth, Julie Walters, Dixie Egerickx, Edan Hayhurst, Amir Wilson.
Tonton trailernya di sini.

LEAVE A REPLY