Nontoners.com – Tarian Lengger Maut adalah film pertama Visinema yang bekerja sama dengan Aenigma Picture dan akan rilis pada 13 Mei 2021, disutradarai oleh Yongki Ongestu dan dibintangi oleh Refal Hady dan Della Dartyan.

Sinopsis

Setelah kedatangan dokter Jati, beberapa pria Desa Pagar Alas mulai menghilang secara misterius. Termasuk Bayu, bocah SD yang juga tinggal bersama sang kakak di sanggar tari milik Sukma, seorang calon penari Lengger.

Sementara itu, Sukma, yang tengah mempersiapkan diri untuk menjadi seorang Penari Lengger, mulai merasakan sesuatu yang berbeda dalam tubuhnya sejak diberi sebuah tusuk konde. Dalam salah satu gelaran tarinya, ia kerasukan. Ia mendapat penglihatan akan misteri yang menyelimuti desa Pagar Alas.

Sayangnya Sukma yang tak kuat menahan kekuatan yang merasuki tubuhnya, akhirnya pingsan. Saat Sukma akhirnya sadar, ia tahu bahwa nyawanya tengah terancam. Ia harus segera pergi atau dia juga akan mati.

Ulasan

Film berdurasi 70 menit ini kembali mengingatkan saya akan kisah tari Lengger yang juga diangkat oleh  Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho. Sebuah film yang sempat membuat geger tanah air karena dianggap mendukung LGBT. Namun meski sama-sama menyisipkan kesenian asal Banyumas, Tarian Lengger Maut lebih mengulik sisi magis yang ada pada tarian ini.

Ialah indang atau roh lengger yang merasuk dalam tubuh penari Lengger. Dalam buku berjudul Lengger Tradisi & Transformasi karya Sunaryadi yang diterbitkan ISI Yogyakarta pada tahun 2000, dijelaskan bahwa seseorang yang mendapat indang bisa melakukan tarian lengger dan menembang tanpa belajar. Jika indang lengger telah masuk ke dalam raga seseorang, baik laki-laki maupun perempuan, maka tidak ada yang dapat menolaknya. Indang dipercaya dapat melindungi si pemilik sekaligus juga memberi keberkahan bagi orang lain.

Berlatar tahun 90-an, ide cerita TLM buat saya cukup menarik. Mengangkat gangguan kesehatan mental seorang dokter dipadukan dengan penglihatan seorang penari Lengger yang tajam, membuatnya cukup menjanjikan.

Tarian Lengger Maut
Namun durasi yang singkat nyatanya tak mampu memberi ruang yang cukup untuk menggali latar belakang para tokoh dengan lebih dalam. Misalnya bagaimana masa remaja Jati yang memiliki luka masa kecil atau bagaimana cara Jati memilih para korbannya, atau bagaimana perjalanan Sukma hingga menjadi seorang penari Lengger.

Beberapa adegan juga terasa tak memiliki muara. Ia seperti disisipkan tanpa tujuan yang jelas. Salah satunya adalah saat kakak perempuan Bayu stress karena kehilangan sang adik.

Judul               : Tarian Lengger Maut

Sutradara        : Yongki Ongestu

Rilis                      : 13 Mei 2021

Produksi             : Visinema, Aenigma Pictures

Genre                  : Thriller

Durasi                 : 70 menit

Pemain               : Refal Hady, Della Dartyan
Tonton trailernya di sini.

LEAVE A REPLY