Nontoners.com – Seobok lahir sebagai karya sutradara film hit romantis Korea yang pernah menelurkan film berjudul Architecture 101 pada 2012 lalu. Kini ia kembali merilis film sci-fi yang sempat tertunda karena pandemi COVD-19.

Sinopsis

Setelah berhenti bekerja sebagai agen intelligent tiga tahun lalu, Gi-Hun kembali mendapat panggilan untuk menjalankan misi melindungi subjek penelitian manusia cloning pertama di dunia, Seobok. Ia berkewajiban membawa Seobok ke tempat yang lebih aman setelah terjadinya serangan teroris yang mengakibatkan seorang ilmuan tewas.

seobok

Perjalanan Gi Hun dalam mengamankan Seobok yang seharusnya mudah, ternyata tidak berjalan dengan lancar. Sekelompok tentara bayaran tiba-tiba menyerang mereka dan menewaskan seluruh petugas. Direktur Ahn meminta Gi Hun untuk membawa Seobok ke sebuah rumah aman, namun serangan kembali terjadi setelah mereka baru saja selesai makan malam.

Perjalanan yang seharusnya hanya memakan waktu 1 hari akhirnya terpaksa diperpanjang karena Gi Hun harus menghindar dari orang-orang yang terus mengincar mereka. Ia  semakin panik saat Seobok mengalami muntah darah. Gi Hun harus mengejar waktu menyelesaikan misi membawa Seobok ke tempat yang lebih aman sekaligus mengambil kesempatan agar ia dapat hidup lebih lama.

Pendapatku setelah menonton…

Tak seperti kebanyakan film sci-fi produksi Hollywood, Seobok hadir dalam cerita yang lebih menyentuh. Meski lahir sebagai manusia kloning pertama di dunia yang memiliki kekuatan lebih, namun ternyata Seobok tetaplah manusia biasa dengan banyak keterbatasan.

seobok

Hubungan antara Seobok dan Gi Hun juga terasa sangat emosional. Yang sepanjang hidupnya tinggal di laboratorium dan tak pernah melihat kehidupan luar, begitu polos menikmati pelarian mereka. Ia nampak seperti seorang adik kecil yang tengah melakukan petualangan dengan sang kakak.

Dialog antar kedua makhluk dengan kehidupan yang sama-sama di ujung tanduk ini juga sangat padat dan sarat makna akan arti kehidupan. Film ini seolah mengajak penonton untuk ikut mempertanyakan mengenai hidup yang telah kita jalani.

seobok

Sayangnya di film ini, saya merasa bahwa latar belakang kedua tokoh utama terasa kurang digali dengan lebih dalam. Seperti trauma yang Gi Hun alami hingga ia memutuskan untuk mundur dari pekerjaannya, terasa seperti sebuah selipan kisah yang tergesa-gesa disajikan. Juga kisah akan sosok Seobok yang diceritakan lahir karena rasa kehilangan sang putra dari salah seorang peneliti di laboratorium, terasa kurang meyakinkan.

Judul                  : Seo Bok

Rilis                                   : 14 April 2021

Sutradara                        : Lee Yong Ju

Produksi                          : CJ Entertainment

Distributor       : CBI Pictures

Gentre               : Sci-Fi

Durasi                : 114 menit

Pemeran                          : Park Bo Gum, Gong Yoo, Jang Young Nam, Jo Woo Jin, Park Byung Eun
Tonton trailernya di sini.

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaBarb and Star Go to Vista Del Mar: Romansa Wanita Usia Dewasa
Berita berikutnyaMinari: Sebuah Awal dari Perjuangan

LEAVE A REPLY