Nontoners.com – Samjin Company English Class merupakan film arahan Lee Jong-pil yang diangkat dari kisah nyata sebuah perusahaan elektronik pada tahun 1995.

Sinopsis

Setelah bekerja selama 8 tahun dengan posisi yang sama, para karyawan wanita lulusan sekolah menengah di perusahaan Samjin berkesempatan untuk mendapat promosi jabatan dengan syarat meraih minimal 600 poin nilai TOEIC. Karena meski secara kemampuan tak kalah dengan para karyawan lulusan universitas, selama ini mereka hanya melakukan pekerjaan bersih-bersih, membuat kopi, atau menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk rapat.

Dalam sebuah kunjungan ke pabrik Samjin di distrik Ok-Ju, Lee Ja-young, secara tak sengaja melihat kebocoran phenol dari saluran pembuangan di sungai. Namun saat dia melaporkan hal ini pada seorang petinggi perusahaan, mereka mengatakan bahwa kebocoran phenol masih dalam batas aman dan justru meminta Ja-young untuk membuat kesepakatan tutup mulut dengan para warga desa.

Samjin Company English Class

Ja-young yang masih curiga pada hasil uji laboratorium air sungai, memutuskan untuk menyelidiki hal tersebut bersama kedua orang temannya, Jung Yoo-na, dan Shim Bo-ram. Walau pada akhirnya mereka tahu bahwa laporan hasil uji laboratorium telah dipalsukan, tak ada satu pun bukti yang secara langsung mengarahkan pada tersangka.

Dan lagi ternyata kasus ini hanyalah bagian kecil dari sebuah rencana permainan bisnis dengan tujuan yang lebih besar. Dapatkah Lee Ja-young, Jung Yoo-na, dan Shim Bo-ram, mengungkapkan kebenaran sekaligus meraih mimpi mereka di perusahaan Samjin?

Pendapat setelah menonton

Film Samjin Company English Class membawa ingatan saya pada Dark Waters yang tayang pada November 2019. Namun meski sama-sama mengangkat mengenai kebocoran bahan kimia, Lee Jong-pil lebih memilih mengemas Samjin Company English Class dalam balutan komedi khas Korea Selatan yang ceria. Sangat berbeda dengan Dark Waters yang bernuansa suram dan menyedihkan.

Pembahasan kasus dan penyusunan rencana dilakukan di warung mie ramyon dan barbekyu sambil minum soju. Bener-bener santai.

Tapi aksi tiruan detektif ala-ala dalam pembongkaran kasus, terasa seperti terlalu dipaksakan. Penonton sebelah saya bahkan berkali-kali berkomentar pedas karena beberapa scene nyaris selalu berhasil lolos begitu saja dengan mudah.

Alur film yang diawali dan berjalan dengan lambat, seolah ingin dibalas pada bagian penutup dimana segala macam plot twist tumpah ruah dan cepat memenuhi akhir cerita. Jadi jangan sampai berkedip di bagian ini, ya.

Judul                : Samjin Company English Class

Rilis                 : 7 Desember 2020

Sutradara        : Lee Jong-pil

Produser          : Park Eun-kyung

Produksi          : The LAMP

Distributor       : CBI Pictures

Durasi              : 110 menit

Genre              : drama komedi

Pemain            : Go Ah-sung, Esom, Park Hye-su.
Tonton trailernya di sini.

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaCome Play: Saat Larry Mencari Seorang Teman
Berita berikutnyaJosee: Kisah Cinta Seorang Gadis Disabilitas