Sinopsis

Zack, seorang pria down syndrome berusia 22 tahun, telah 2,5 tahun tinggal di panti jompo. Meski ia berteman akrab dengan perawat bernama Eleanor, namun keinginannya untuk menjadi seorang pegulat profesional, beberapa kali memicunya melakukan percobaan melarikan diri. Ia bahkan mengajak penghuni panti untuk membantunya walau hanya dengan imbalan puding cokelat.

Hingga suatu hari usahanya untuk kabur pun berhasil, Zack segera berlari menjauh dari dari panti. Berlari semalaman membuatnya kelelahan dan ia memutuskan untuk bersembunyi di sebuah perahu milik Tyler, nelayan ilegal yang sering mencuri kepiting.

Saat Tyler dikejar oleh para pemilik tambak kepiting dengan perahu, Zack pun terbangun dan muntah. Zack kemudian meminta Tyler untuk mengantarnya ke sekolah milik pegulat profesional Salt Walter Redneck. Sebuah persahabatan yang hangat dan indah, terjalin dari keduanya. Membawa mereka pada sebuah ikatan kasih sayang yang sempat hilang.

Pendapatku setelah menonton

The Peanut Butter Falcon

The Peanut Butter Falcon tak menyajikan kisah sedih penuh air mata atau super hero yang mengalahkan banyak musuh. Namun meski hanya bercerita tentang  mimpi Zack dan beberapa kilas balik masa lalu Tyler dan sang kakak, The Peanut Butter Falcon tetap tampil dengan percaya diri.

PBF_0681.TIF

Keunikan film ini tentu saja ide cerita tentang seorang pria (yang benar-benar) down syndrome yang bercita-cita untuk menjadi pegulat profesional. Hal ini bukan tanpa alasan, efek perundungan Zack di lingkungan sekolah membuatnya yakin bahwa ia hanya bisa menjadi orang jahat. Jujur saja saya cukup terkejut mendengarnya, bahkan di negara maju pun kasus perundungan masih sering terjadi. Beberapa di antaranya bahkan berakibat fatal.

Menonton The Peanut Butter Falcon mengingatkan saya akan sebuah film lama berjudul Pay It Forward yang bercerita tentang Trevor, seorang bocah sekolah dasar yang memiliki ide untuk mengubah dunia yang menyebalkan dalam tugas social experiment-nya. Sayang, Trevor yang hanya ingin membantu salah satu temannya justru tewas karena perundungan.

Judul                : The Peanut Butter Falcon

Sutradara         : Tyler Nilson, Michael Schwartz

Rilis                  : 10 Oktober 2019

Genre               : Drama

Produser          : Albert Berger, Christopher Lemole, Lije Sarki, David Thies, Ron Yerxa, Tim Zajaros

Produksi           :Armory Films

Distributor       :

Durasi              : 98 menit

Pemain             : Shia LaBeouf, Dakota Johnson, John Hawkes, Bruce Dern, Zack Gottsagen, Jon Bernthal, Thomas Haden Church

LEAVE A REPLY