Nontoners.com – Pekan Sinema Jepang 2018 merupakan rangkaian perayaan hubungan diplomatik antara Jepang – Indonesia, hal ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan Jepang, memperbesar peluang pemutaran film-film Jepang di Indonesia, dan berkontribusi terhadap perkembangan cultural tourism di Jepang.

Ada sekitar 36 film yang akan ditayangkan selama Pekan Sinema Jepang 2018 pada 7 – 16 Desember 2018 di CGV Grand Indonesia, Jakarta. Dan kami berkesempatan menyaksikan The Man From the Sea yang juga menjadi film pembuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2018, berikut resensi film tersebut.

Film dibuka dengan scene wawancara dua orang asli Jepang yang menjadi relawan saat bencana tsunami Aceh dan kemudian memutuskan untuk menetap. Wawancara terpaksa terhenti saat Takako (Mayu Tsuruta) mendapat panggilan telepon, seorang pria di ujung sana mengabarkan bahwa telah ditemukan seorang pria berwajah oriental (Dean Fujioka) pingsan di tepi pantai. Anehnya saat pria muda itu sadar, ia hanya merespon kalimat-kalimat dalam bahasa Jepang. Selebihnya, pria muda yang seolah-olah datang dari laut itu hanya diam dengan pandangan mata menerawang.

Pria yang sebelumnya menghubungi Takako kemudian meminta tolong agar pria oriental tersebut dapat tinggal di rumahnya sementara waktu sampai ia ‘sadar’. Awalnya Takako menolak dengan alasan tengah kedatangan kerabat dari Jepang, Sachiko (Junko Abe). Namun karena tak tega, Takako akhirnya membawa pulang pria muda itu. Mengingat kemungkinan asal kedatangannya, Takako kemudian memanggil pria muda itu dengan nama Laut.

Takako dibantu kerabat, putra, dan dua orang sahabatnya, mereka berkeliling ke desa-desa untuk mencari kemungkinan-kemungkinan fakta tentang daerah asal Laut. Sepanjang perjalanan itu pula, pria muda tetap saja membisu. Hingga suatu hari, Laut mulai berbicara saat seorang gadis kecil pingsan karena terpapar hawa panas. Ilma (Sekar Sari) yang bercita-cita untuk menjadi wartawan dan bertugas mendokumentasikan perjalanan mereka, merekam saat Laut mengobati gadis kecil tersebut.

Kedatangan Sachiko ke Indonesia sebenarnya memiliki tujuan selain mengunjungi Takako dan Takashi, ia ingin mendatangi tempat di mana ayahnya pernah mengambil gambar saat di Aceh. Keinginan terpendam tersebut kembali muncul saat kehidupannya di Jepang bermasalah. Dan suatu hari saat ia dilanda demam tinggi, Laut tiba-tiba muncul dalam mimpinya dan menunjukkan tempat yang ada pada foto peninggalan sang ayah.

Ketika rekaman Ilma tentang Laut mulai tersebar dan membuat kehebohan di stasiun televisi dan Sachiko telah sampai di tempat sang ayah mengambil foto, pria muda itu tiba-tiba berkata bahwa ia harus ‘pulang’.

Jadi siapakah Laut sebenarnya?

Judul                     : The Man From The Sea

Tanggal Rilis        : 2018

Sutradara            : Koji Fukada

Genre                   : Drama

Produser             : Shigeto Arai, Naoko Komuro, Yoshi Kino, Masa Sawada, Giovanni Rahmadewa

Pemain                 : Dean Fujioka, Taiga, Junko Abe, Adipati Dolken, Sekar Sari, Mayu Tsuruta

Durasi                   : 107 menit

LEAVE A REPLY