Nontoners.com – Dalam film Roy Kiyoshi: The Untold Story berkisah tentang Roy (Roy Kiyoshi) yang membiarkan dirinya menjadi pecandu minuman beralkohol setelah Rani (Claire Cutie) hilang diculik oleh Banaspati. Kegagalannya dalam melindungi sang adik membuat Roy tak mau berinteraksi dengan orang lain. Hingga suatu hari ia kedatangan Sheila (Angel Karamoy), seorang petugas LSM yang menangani kasus penculikan anak.

Penyelidikan Sheila terhadap kasus yang ia tangani membawanya pada berkas laporan kehilangan Rani. Sheila menganggap bahwa kasus hilangnya beberapa anak yang konon disebabkan karena diculik oleh roh jahat atau hantu, berkaitan dengan kematian rekan kerjanya beberapa waktu yang lalu. Sheila yang mengetahui potensi Roy dalam berhubungan dengan hantu pun meminta bantuan.  Awalnya, Roy yang masih trauma dengan kepergian Rani selalu menolak permintaan Sheila. Sampai suatu hari Sheila muncul dan meminta pertolongan dalam mimpinya.

Prediksi Sheila dalam menentukan perkiraan tanggal penculikan selanjutnya dan kemampuan Roy memprediksi tempat kemunculan sang hantu, membawa penyelidikan mereka pada seorang anak. Misi Roy dan Sheila adalah menggagalkan aksi penculikan sang hantu agar semua korban hilang bisa kembali dengan selamat. Atau mereka harus menunggu satu tahun lagi untuk kembali berhadapan dengan Sang Banaspati.

Jose Purnomo kembali menghadirkan satu lagi tokoh horor lokal, Banaspati, yang lama telah menjadi sebuah momok dalam masyarakat Jawa. Banyak perubahan yang dilakukan Jose dalam memperkenalkan sang roh jahat dalam film ini. Misalnya, saya cukup penasaran dengan alasan Jose memilih mewujudkan sosok Banaspati dengan topeng dan topi yang mirip dengan penutup kepala ala prajurit Jepang kuno. Padahal roh jahat yang dimaksud hanya dikenal sebagai bola api besar yang melompat di atap-atap rumah. Atau mengapa Jose mengangkat ide tentang anak-anak sebagai korban penculikan Banaspati, sedang yang terjadi di luar sana Banaspati menghisap darah dari mangsanya.

Latar belakang waktu tahun 90-an yang dipilih Jose, sayangnya tak didukung oleh tim wardrobe yang mumpuni. Baik pakaian, aksesoris, maupun alat elektronik yang tak sesuai pada zamannya, muncul di banyak tempat. Akting Angel juga masih terasa masih kaku, apalagi saat adegan bersama teman pemilik restoran, mereka seperti orang asing yang sama-sama terpaksa menghabiskan waktu bersama. Tak punya chemistry sama sekali. Oiya, pembuka film ini juga cukup mengejutkan. Seperti sebuah replika dari film yang dibintangi oleh Keanu Reeves tahun 2005, Constantine.

Judul                     : Roy Kiyoshi The Untold Story

Rilis                        : 21 Maret 2019

Genre                   : Horor

Sutradara            : Jose Purnomo

Produksi              : MPV Pictures

Produser             : Raam Punjabi

Durasi                   : 86 menit

Pemain                 : Roy Kiyoshi, Angel Karamoy, Olga Lidya, Claire Cutie

LEAVE A REPLY