Nontoners.com – Film komedi aksi berjudul Exit ini sukses meraih 1 juta penonton pada 2 hari penayangannya dan total 7 juta penonton selama 18 hari di Korea.

Sinopsis

Yong Nam (Jo Jung-Suk) seorang pemanjat tebing, menghabiskan waktu dengan berolah raga setelah ditolak oleh Eui Joo (Im Yoon-Ah), gadis yang ia sukai. Pada peringatan ulang tahun sang ibu yang ke tujuh puluh tahun, Yong Nam memaksa keluarganya untuk menyewa aula di gedung tempat Eui Joo bekerja.

Yong Nam berusaha menarik perhatian Eui Joo lagi dengan mengaku telah bekerja sebagai seorang manajer di sebuah perusahaan. Sialnya saat mereka tengah membuka obrolan, situasi di luar gedung menjadi tak terkendali.  Sebuah mobil berisi gas beracun yang bisa membakar organ tubuh bagian dalam, mulai tersebar.

SMS peringatan bahaya meminta semua orang untuk naik ke atap gedung. Sayangnya Manajer Goo (Kang Ki-Young), anak pemilik gedung, kehilangan kunci pintu atap dan satu-satunya cara untuk selamat adalah jika pintu dibuka dari luar.

Yong Nam dengan keahliannya memanjat tebing, berusaha memanjat dinding gedung guna dapat membuka pintu atap. Berbekal peralatan seadanya, Yong Nam akhirnya berhasil menyelamatkan seluruh anggota keluarga. Didesak oleh kondisi sang kakak yang makin kritis, Yong Nam dan keluarga berusaha menarik perhatian helikopter penyelamat dengan sinyal SOS dari senter ponsel.

Yong Nam dan keluarga patut bersyukur ketika sebuah helikopter mendekat ke arah mereka. Namun karena maksimal beban yang dapat diangkut hanya sebanyak dua puluh orang, tim penyelamat terpaksa meninggalkan Yong Nam dan Eui Joo di atap gedung.

Tak ingin mati sia-sia, Yong Nam dan Eui Joo bahu-membahu dalam usaha menyelamatkan diri. Mereka terus berlari untuk mencapai atap gedung paling tinggi. Usaha mereka sungguh tak mudah, berkejar dengan oksigen yang makin menipis, kesempatan untuk mereka selamat juga hampir habis. Bahkan setelah semua usaha maksimal yang mereka lakukan untuk selamat, terpaksa harus kandas karena sekelompok anak sekolah yang terjebak dalam gedung perlu dievakuasi lebih dulu.

Yong Nam dan Eui Joo sungguh tak ingin mati. Mereka kembali berlari. Sementara mata dan doa para pengungsi terus mengikuti kemana pun langkah mereka pergi.

Pendapatku setelah menonton…

Degup jantungku terus berlari cepat di sepanjang film berlangsung. Adegan memanjat gedung tanpa peralatan yang mendukung terlihat seperti aksi menantang maut nan ceroboh. Namun kekonyolan justru lahir dari situasi ‘nyaris mati’ hingga melahirkan pecah tawa yang mengguncang studio.

Lee tak sekadar menyajikan sebuah aksi heroik untuk bertahan hidup sebagaimana yang sering diangkat dalam film-film Hollywood. Di mana sang jagoan seperti super robot yang tak dapat mati bahkan jika tulang rusuknya pecah berkeping.

Exit, dengan begitu tulus justru memperlihatkan sisi lemah seorang manusia biasa, yang sewaktu-waku dapat dilanda putus asa namun juga dapat berusaha sekuat tenaga hingga mencapai sebuah tujuan. Dan seperti film Korea kebanyakan, hubungan Lee dan keluarga sebagai unsur drama juga sangat menyentuh.

Judul                     : Exit

Rilis                        : 21 Agustus 2019

Genre                   : Drama komedi

Sutradara            : Lee Sang-Geun

Produksi              :Filmmaker R&K

Produser             :

Durasi                   : 104 menit

Pemain                 : Jo Jung-Suk, Im Yoon-Ah, Go Doo-Shim, Park In-Hwan, Kim Ji-Young, Kang Ki-Young

LEAVE A REPLY