Nontoners.com – Menyelesaikan proses syuting pada 2019, Pipeline yang disutradarai oleh Ha Yu harus menunggu selama satu tahun hingga pandemi COVID-19 mulai mereda untuk dapat rilis. 

Sinopsis

Gun Woo, pemuda tampan dari keluarga chaebol ini adalah seorang pengusaha penyulingan minyak. Sayangnya karena menjadi korban penipuan, ia terlibat utang pada rentenir. Untuk membayar utang dan menyelamatkan perusahaannya, Gun Woo menyusun sebuah rencana pencurian minyak.

pipeline

Untuk memuluskan tujuannya, Gun Woo mengumpulkan orang-orang yang ahli di bidangnya. Pin Dol Yi yang terkenal sebagai Mata Bor 2,5, Jeop Sae si Tukang Las, Pak Na si ahli tanah, Geun Sab si Sekop Besar, dan Counter si pemantau kamera.

Dengan bayaran yang sangat besar, Mata Bor dan timnya harus menyelesaikan misi dalam waktu 1 bulan dan sebelum kilang minyak penampung dirubuhkan.

Namun Gun Woo yang serakah memiliki rencana yang lebih besar dari pada yang ia katakan. Dan sayangnya rencana tersebut justru mengancam nyawa Mata Bor dan semua timnya.

Pendapatku setelah menonton..

Menjadi salah satu film dengan tema yang berkisah tentang pencurian, Pipeline menghadirkan suasana yang cukup mudah ditebak. Sedikit banyak ia agak mengingatkan saya pada The Collectors. Meski demikian, film ini tetap tidak dapat dipandang sebelah mata.

Pipeline

Plot dan perpindahan adegan berjalan cukup cepat. Namun dengan durasi kurang dari 2 jam, inti cerita justru baru muncul di pertengahan jalan film ini. Penonton perlu bersabar selama setidaknya 60 menit lebih, untuk menyaksikan aksi kejar-kejaran dan latar belakang cerita yang buat saya terasa agak tidak perlu dan cukup dipaksakan. Misalnya adegan polisi culun yang selalu saja sial dan sering dengan mudah dikelabui oleh mafia kelas teri.

Namun film ini berhasil membuat saya gemas dan merasakan aura tegang dari hubungan antar para penjahat. Dengan pola pikir Gun Woo yang pada setiap kemunculannya selalu saja mengancam para ahli yang ia sewa untuk melancarkan rencana jahatnya. Ia membuat kontrak yang menjebak dan merugikan para pekerja, bahkan tak segan membahayakan nyawa mereka. Ia sukses benar-benar terlihat sebagai manusia jahat yang paling jahat.

Sayangnya Pipeline tak terlalu serius dalam menyisipkan drama pada jalan ceritanya. Satu-satunya kisah menyedihkan yang ia tawarkan hanya berdasar penuturan Pak Na tentang istrinya yang akan dioperasi dan hubungan mereka yang tak mulus. Namun Pak Na tak menjelaskan lebih lanjut mengenai sakit sang istri atau alasan kegagalan akan hubungan mereka.

Judul                  : Pipeline

Rilis                     : 25 Juni 2021

Sutradara         : Yu Ha

Genre                 : Aksi, kriminal

Produser           : Kim Kyung Chan

Produksi            : Megabox Plus M, Little Big Pictures

Durasi                : 108 menit

Pemain              : Seo In Guk, Lee Soo Hyuk, Eum Moon Suk, Yoo Seung Mok, Tae Hang Ho, Bae Da Bin, Bae Yoo Ram, Kim Min Kyung, Yong Jin, Kim Seung Hyung.
Trailernya dapat ditonton di sini.

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaFSAI 2021 Akan Hadir 18-27 Juni Ini

LEAVE A REPLY