Nontoners.com – Jakarta, 30 Juli 2016 —Toto’s Film Making Class yang merupakan kegiatan sosial CGV blitz sejak 2013 hingga sekarang telah menghasilkan puluhan film pendek hasil karya ratusan siswa berbagai SMA/K di Jakarta, Bandung dan Jogjakarta. Di kegiatan ini, puluhan siswa yang memiliki minat dan bakat di dunia perfilman berkesempatan mempelajari proses produksi film mulai dari praproduksi, pengambilan gambar hingga pascaproduksi dibimbing oleh para sineas profesional yang berada di balik film-film ternama di Indonesia.

Kali ini, film hasil karya siswa-siswi Bandung peserta Toto’s Film Making Class angkatan ke 5, 6 dan 7 berpartisipasi di Festival Taman Film yang diadakan pada 28 – 30 Juli 2016 di Taman Film Bandung. Festival ini diselenggarakan oleh Ruang Film Bandung, komunitas yang memiliki visi menjadi fasilitator pertama bagi talenta dan komunitas perfilman di Bandung. Festival Taman Film mengusung konsep yang unik yaitu movie battle di mana film yang telah dikurasi oleh panitia ditandingkan di Taman Film melalui proses voting sehingga masyarakatlah yang menentukan pemenang Festival Taman Film ini.

Di antara deretan judul film peserta movie battle, terdapat tiga film karya peserta kelas Toto’s Film Making Class. Tiga film tersebut adalah ‘Teman Baikku’ karya siswa SMAN 4 Bandung untuk kategori thriller, ‘Sang Pemenang’ karya siswa SMK UT PGII Bandung dan ‘faarRUN’ karya siswa SMA Daarul Quran untuk kategori komedi. Selain tiga judul film di atas, dua belas film karya peserta kelas Toto’s Film Making Class di Bandung lainnya juga ditayangkan untuk meramaikan festival yang terbuka untuk umum tersebut.

SMK PGRI 1 Bandung - Sang Pemenang

Pada puncak acara, film Teman Baikku dan Sang Pemenang terpilih sebagai juara movie battle Festival Taman Film untuk kategori masing-masing thriller dan komedi. Para tim produksi dari film yang terpilih sebagai juara tersebut mendapatkan hadiah berupa beasiswa produksi film pendek dari panitia.

Diharapkan partisipasi siswa-siswi Toto’s Film Making Class di Festival Taman Film ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah bahwa pendidikan mengenai pembuatan film di tingkat pelajar merupakan suatu investasi besar untuk perkembangan dan kemajuan masa depan perfilman di Indonesia. Selain itu penayangan dan berlaganya film-film tersebut dapat mendorong dan memotivasi para pelajar berbakat untuk terus menjadi insan yang kreatif dan produktif melalui karya-karyanya di masa mendatang.

LEAVE A REPLY