Nontoners.com – Jang Young-sil (diperankan oleh Kang Ye-won) seorang pekerja paruh waktu (supir taksi, pelayan toko, pelatih anjing dan banyak yang lainnya) dengan segudang pengalaman akademik di berbagai bidang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bekerja di N.S.A (National Security Agency) setelah bertahun-tahun mengikuti ujian dan dengan sabar menunggu setiap pengumuman penerimaan. Di umurnya yang menginjak ke-35 akhirnya Ia bekerja di N.S.A. dengan masa kontrak 2 tahun. Menjelang masa kerja berakhir, Ia justru mendapatkan ketidakmujuran dengan diberhentikan oleh atasannya yang diperankan oleh Jo Jae-yun.

Jang Young-sil mendapatkan kesempatan untuk bisa bekerja (kembali) di saat yang kebetulan, Ia secara tidak sengaja mengetahui sang atasan telah tertipu melalui telepon sebesar $500 ribu dari sebuah perusahaan penipuan.  Jang Young-sil menawarkan diri untuk menyamar dan berupaya mendapatkan uang tersebut dengan harapan dapat  kembali bekerja di N.S.A.

Dalam upaya penyamarannya tersebut  Jang Young-sil bertemu dengan rekan kerja yang Ia ketahui sebagai polisi wanita dari Unit Kejahatan Intelektual, Na Jung-an (diperankan oleh Han Chae-a)  yang sedang bertugas menyamar juga untuk membongkar jaringan perusahaan penipuan ini.

Jang Young-sil dan Na Jung-an / Encore Films Indonesia

Duet canggung ala buddy-cop yang bagi saya mirip dengan The Heat (diperankan oleh Melissa McCarthy dan Sandra Bullock) dimulai!  Jang Young-sil dan Na Jung-an secara terpaksa harus bekerja sama dan menerima satu sama lain sebagai rekan kerja dan berteman dengan agenda masing-masing.

Part-time Spy sedikit mengungkap kejahatan penipuan via telepon yang hingga saat ini masih marak, namun ada beberapa bagian dalam film yang dilakukan secara langsung dengan mendatangi korban dengan menjemput uang yang diminta. Bukan hanya masyarakat yang menjadi korban penipuan dalam film ini, target utama disasarkan kepada pihak kepolisian dan militer.

Part-time Spy tayang mulai 3 Mei 2017 di CGV Cinemas dan Cinemaxx.

*update: Part-time Spy kini dapat dinikmati di layanan streaming legal yang hadir di Indonesia.

Apa komentar kalian?