Parasite – Black and White version [Resensi]

0
Parasite

Nontoners.com – Berhasil menggondol piala sebagai film sekaligus sutradara terbaik, membuat film Parasite kembali tayang di layar bioskop tanah air. Namun yang lebih spesial adalah adalah kita dapat menyaksikan film ini dalam balutan nuansa monokrom.

Sinopsis

Ki Woo dan keluarganya tinggal di sebuah rumah basement, kehilangan akses telepon selular dan wifi karena tak sanggup membayar, dan tak punya pekerjaan tetap. Hingga suatu hari teman lamanya datang dan menawarkan Ki Woo pekerjaan sebagai guru les bahasa Inggris bagi anak remaja di sebuah keluarga kaya.

Awalnya Ki Woo yang meski telah 4 kali mengikuti ujian nasional namun tak pernah bisa kuliah, menolak. Ia sadar bahwa ia tak memiliki legalitas sebagai mahasiswa yang dapat menjadi guru les paruh waktu untuk siapa pun.  Namun berkat Min, sahabatnya, yang terus membujuk dan berjanji  untuk memberikan rekomendasi bagi Ki Woo, ia pun akhirnya menerima.

Parasite

Ki Woo melewati hari-harinya sebagai guru les anak gadis keluarga Par tanpa masalah. Sang nyonya yang begitu percaya pada rekomendasi “mulut ke mulut”, membuat Ki Jo mendapat perlakuan dan imbalan yang baik. Lalu sebuah kesempatan mulai datang untuk membawa adiknya untuk ikut bekerja pada keluarga Park sebagi guru seni sang anak bungsu.

Ki Woo menyangka bahwa hidupnya akan berubah menjadi baik karena semua rencana berjalan lancar, namun ia tak memperhitungkan akibat yang timbul  dari rencana tersebut. Dan  sang pengurus rumah tangga yang lama mengancam akan membongkar rahasia mereka, Ki Woo tak dapat tinggal diam.

Pendapatku setelah menonton…

Awalnya saya pikir bahwa Parasite Black and White version akan menghadirkan cerita yang sedikit berbeda dengan versi yang telah beredar sebelumnya, misalnya dengan menambah beberapa scene baru atau sudut pengambilan gambar yang berbeda. Hal ini tentu saja mengingat bahwa Parasite berhasil menggondol piala pada ajang Oscar 2020 setelah dinobatkan sebagai  film sekaligus sutradara terbaik. Namun rasa penasaran saya ternyata harus menuai pemakluman.

Parasite BW version benar-benar menghadirkan keseluruhan film tanpa perbedaan dari edisi yang tayang sebelumnya. Tak ada yang berubah kecuali hilangnya warna warni pada film. Saya tak terlalu yakin mengapa Bong memerlukan kehadiran Parasite dalam nuansa hitam putih yang identik dengan kesan jadul. Lalu beberapa kemungkinan pun mulai terpikirkan.

Kehadiran Parasite BW version seolah ingin memberikan pengalaman baru dalam menonton film di mana kita tak lagi perlu sibuk memperhatikan hal lain di luar alur cerita yang disajikan. Selain itu, nuansa hitam putih juga memberikan kesan yang yang lebih kuat dalam menyelami tiap dialog yang ada dalam Parasite.

Misalnya saat Kevin mengatakan bahwa para tamu undangan acara ulang tahun Da Song yang  tetap terlihat keren meskipun diadakan secara dadakan. Bahkan dalam nuansa hitam putih pun, mereka dapat tampil dengan memesona.

Parasite

Judul                     : Parasite

Genre                   : Drama/ Thriller

Rilis                        : 23 Februari 2020

Sutradara            : Bong Joon-ho

Produksi              : Barunson E&A

Produser             : Kwak Sin-ae, Moon Yang-kwon, Bong Yok-cho, Jang Young-hwan

Distribusi             : CJ Entertainment

Durasi                   : 132 menit

Pemain                 :  Cho Yeo‑jeong Park So‑dam, Choi Woo‑shik, Song Kang‑ho, Jung Ji‑so.

Tonton film ini di layanan video seperti viuCatchplay+ dan segera hadir di vidio.com

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaThe Gentlemen: Perseteruan Antar Mafia Narkoba [Resensi]
Berita berikutnyaThe Closet: Mitos Sang Hantu Lemari [Resensi]

LEAVE A REPLY