Kim Ji-Young, Born 1982 berkisah tentang Jung Dae Hyun yang merasakan bahwa Kim Ji Yung, istrinya, mulai bicara sepeti orang lain. Kadang ia terdengar seperti ibunya, neneknya, bahkan sahabatnya yang telah tiada.  Dae Hyun kemudian mencari pertolongan melalui sesi diskusi dengan seorang psikiater.

Image from Kim Ji-Young, Born 1982

Sementara Kim Ji-Young tidak menyadari apa yang tengah terjadi pada dirinya selain merasa bahwa ia kini menjadi sering lupa apa yang ia lakukan. Namun jauh dalam lubuk hatinya ia merasa terjebak dalam rutinitas yang membuatnya lelah secara fisik dan mental. Ji Young terpaksa berhenti bekerja setelah mengetahui bahwa ia hamil lalu menjadi ibu rumah tangga seutuhnya. Ia ingin kembali pada kehidupannya dahulu namun tak ada satu pun yang mendukungnya.

Image from Kim Ji-Young, Born 1982

Pendapatku setelah menonton…

Kim Ji Young bukan drama yang begitu mudah mengumbar kesedihan hingga banjir air mata. Isu-isu yang diangkat sangat lekat dengan masyarakat, hingga rasa hangat di hati hanya terjadi jika kita benar-benar menyimak apa yang tengah coba disampaikan oleh sang sutradara. Jujur saja saya menangis di hampir setengah film munuju akhir, menginat betapa kuatnya budaya patriaki di masayarakat kita sendiri.

Perempuan tak pernah benar-benar berada pada tingkat kemerdekaan yang sama dengan lelaki. Tuntutan untuk tetap berada di rumah demi mengurus anak dan keluarga, untuk selalu siap melakukan apapun yang diminta, untuk selalu sigap, untuk bangun paling awal dan tidur paling akhir, untuk menerima apapun yang dilakukan para suami. Kim Ji Young, Born 1982 kembali menyadarkan, apakah kita benar-benar akan hidup seperti ini secara terus menerus? Bersembunyi di balik kesetaraan hak setiap gender namun diam-diam tetap ingin sang istri menjadi ibu rumah tangga dan tanpa kesempatan untuk melakukan apa yang mereka inginkan?

Sutradara            : Do-Young Kim

Para Pemain     : Yu-Mi Jung, Yoo Gong, Mi-Kyeong Kim

Trailer             :   https://youtu.be/5Ahpq93Y4kQ  

Jadwal Rilis   : 20 November 2019

Apa komentar kalian?