Nontoners.com – HISTORY menghadirkan JFK Declassified: Tracking Oswald. Serial yang terbagi dalam enam episode ini merupakan sebuah dokumentari dari perjalanan panjang dalam mengungkap kejahatan paling misterius, yaitu pembunuhan Presiden Amerika Serikat; John F. Kennedy. 

Serial ini menghadirkan sosok Bob Baer yang merupakan seorang veteran CIA dan tim hebat di sampingnya yang akan membuka kembali jutaan dokumen terkait pembunuhan JFK untuk menemukan motif sang pembunuh, Lee Harvey Oswald, serta rencana jahat yang akan dilakukannya setelah itu.

Pada 2017, CIA akan melakukan deklasifikasi terhadap jutaan dokumen yang terkait dengan pembunuhan John F. Kennedy (JFK). Namun banyak yang tidak menyadari bahwa ribuan dokumen ini sudah pernah dipublikasikan. Ketika dokumen-dokumen tersebut disatukan – untuk pertama kalinya – menunjukkan sebuah cerita yang lebih dalam dan lebih kompleks mengenai siapa itu Lee Harvey Oswald, apa yang memotivasinya dan rencana mengejutkan yang akan ia lakukan setelah pembunuhan tersebut.

Bob Baer dan tim penyelidik elit akan berkeliling dunia untuk mengumpulkan keseluruhan cerita. Ini bukan teori konspirasi. Ini adalah penyelidikan kasus kriminal yang mengejutkan. Berkas-berkas pemerintah yang telah dideklasifikasi secara khusus menunjukkan dua hal yang berhubungan – jika tidak salah – yaitu hubungan kompleks kita saat ini dengan Rusia dan rahasia Kuba. Tim akan melacak petunjuk yang tidak bisa dilakukan oleh Komisi Warren karena berpotensi menimbulkan konsekuensi yang buruk.

Berikut ini judul keenam episode beserta sinopsis singkatnya

Episode 1: THE IRON MEETING
Rabu, 19 Juli pukul 20.00 WIB

Dengan memanfaatkan analisis algoritma yang mutakhir untuk memeriksa dokumen rahasia, Bob menemukan sesuatu yang mengejutkan. Dokumen rahasia CIA mengungkapkan bahwa Oswald bertemu dengan sejumlah pejabat Soviet di Mexico City, enam minggu sebelum penyelidikan. Bekerja sama dengan tim ahli investigasi elit, Bob berangkat ke ibu kota Meksiko tersebut untuk mencari jawabannya. Di lapangan, tim menemukan petunjuk baru yang menunjukkan hubungan lebih dalam antara Oswald dan KGB Soviet.

Episode 2: THE RUSSIAN NETWORK
Rabu, 26 Juli pukul 20.00 WIB

Dokumen pemerintah yang dinyatakan sudah tidak rahasia lagi, melaporkan bahwa pembunuh Lee Harvey Oswald bertemu dengan sejumlah pejabat Soviet hanya enam minggu sebelum pembunuhan presiden John F. Kennedy. Pada episode ini, veteran CIA Bob Baer dan timnya menggeser perhatian mereka pada Moskow dengan menyelidiki lebih dalam hubungan antara Oswald dan KGB Soviet. Menjelajah ke dalam wilayah tidak bersahabat, penyelidikan dilakukan secara diam-diam untuk menghindari pengawasan Rusia. Di ibu kota Rusia, tim mendapatkan akses ke kamar hotel yang pernah digunakan Oswald dan berhasil melacak mantan agen KGB yang secara pribadi bertemu dengan Oswald pada 1963. Saksi kunci ini menawarkan detil baru yang mengejutkan tentang pembunuh paling terkenal dalam sejarah Amerika.


Episode 3: OSWALD GOES DARK
Rabu 2 Agustus, pukul 20.00 WIB

Pada episode ini, Bob dan timnya memfokuskan penyelidikan mereka ke Lousiana, tempat Oswald tinggal selama berbulan-bulan sebelum membunuh Presiden Kennedy. Saat rekonstruksi waktu selama Oswald di New Orleans, tim menemukan “periode gelap” – minggu-minggu dimana tidak ada satu orangpun yang dapat menjelaskan keberadaan ataupun aktivitasnya. Selama periode tersebut, sebuah dokumen mengaitkan Oswald dengan operasi rahasia CIA yang tersembunyi di rawa-rawa. Tim menuju ke pedesaan Louisiana untuk mencari jawabannya.

Episode 4: THE CUBAN CONNECTION
Rabu, 9 Agustus pukul 20.00 WIB

Ketika penyelidikan terhadap Lee Harvey Oswald memanas, Bob Baer veteran CIA dan timnya menjelajah lebih jauh ke sungai berawa-rawa di Louisiana. Dokumen pemerintah yang dinyatakan sudah tidak rahasia lagi, mengungkapkan bahwa Oswald mungkin terlibat dalam operasi rahasia di rawa-rawa, berlatih dengan tentara bayaran dan sejumlah ektrimis hanya beberapa bulan sebelum pembunuhan Presiden Kennedy. Bob menghubungi ahli sonar bawah air dan penyelam SCUBA untuk mencari bukti di area pelatihan rahasia ini. Ketika semakin jelas bahwa Oswald memiliki kaki tangan pada kegiatan tersebut, tim menuju Miami untuk mencari identitas mereka. Ada orang dalam CIA di Miami yang memaparkan tentang orang-orang yang mungkin membantu Oswald dalam misinya membunuh Presiden John F. Kennedy.

Episode 5: SCENE OF THE CRIME
Rabu, 16 Agustus pukul 20.00 WIB

Investigasi yang dilakukan veteran CIA, Bob Baer, tentang kasus pembunuh Lee Harvey Oswald berujung kembali ke tempat kejadian perkara: Dallas, Texas. Dokumen pemerintah yang dinyatakan sudah tidak rahasia lagi mengungkapkan kaki tangan Oswald pada bulan-bulan sebelum hari yang ditentukan di Dealey Plaza. Sekarang, Bob menggali bukti tentang orang-orang yang sama di Dallas. Tim melakukan analisis akustik di tempat kejadian perkara dan melakukan analisis balistik terhadap tembakan-tembakan fatal yang dilakukan oleh pelaku. Dengan memeriksa setiap langkah Oswald di Dallas, Bob ingin membuktikan bahwa Oswald mendapat bantuan dalam misinya. Ketika memperhatikan rute melarikan diri yang mungkin digunakan Oswald, tim menemukan bukti baru yang bisa membuktikan bahwa Oswald mendapat bantuan pada hari pembunuhan tersebut.

Episode 6: THE TRUTH
Rabu, 23 Agustus pukul 20.00 WIB

Mantan agen CIA, Bob Baer, telah menghabiskan berbulan-bulan menyelidiki pembunuh Lee Harvey Oswald. Dengan hanya menyelidiki beberapa fakta sulit dari file pemerintah yang dinyatakan sudah tidak rahasia lagi, timnya telah berhasil menemukan bukti baru yang menunjukkan bahwa Oswald mendapatkan bantuan seseorang pada beberapa minggu dan bulan sebelum ia membunuh Presiden John F. Kennedy. Kini Bob melacak setiap langkah Oswald di Dallas, berupaya untuk merekonstruksi rencana pelariannya setelah pembunuhan tersebut. Memeriksa rute gerbang keluarnya, Bob menemukan sesuatu yang sulit dipercaya. Timnya menemukan sidik jari sel tidur yang tersembunyi di depan mata… hanya beberapa mil jauhnya dari Dealey Plaza. Untuk membuktikan teorinya, Bob melacak seorang saksi baru yang mengejutkan dengan informasi miliknya. Tim kemudian bergerak ke perairan internasional untuk membuktikan penemuan mereka – guna menguatkan bukti yang dapat menjadi sejarah baru Amerika Serikat.

JFK Declassified Trackin Oswald tayang perdana Rabu, 19 Juli, pukul 20.00 WIB di saluran HISTORY – Indovision (Ch.206), Okevision (Ch. 44), Top TV (Ch. 206), Big TV HD (Ch.334), First Media HD (Ch.365), Transvision HD (Ch.260), BiznetHome HD (Ch.127).

 

LEAVE A REPLY