Nontoners.com – Haeundae atau yang juga dikenal dengan judul Tidal Wave, pertama kali rilis pada 22 Juli 2009 dan merupakan film bencana pertama Korea Selatan yang bercerita tentang tsunami.

Sinopsis

Distrik Haeundae, Busan, yang terletak di ujung tenggara Semenanjung Korea, dengan alasan dapat menarik satu juta pengunjung ke pantainya setiap tahun, membuat Eok-jo berencana mendatangkan investor dan membangun sebuah mall. Sayangnya rencana ini justru mendapat tentangan keras dari para warga Haeundae yang tinggal di pesisir pantai.

Sepeninggal sang ayah dalam sebuah kecelakaan kapal, Yeon-hee, sering berjualan hasil laut di depan restoran milik Ibu Man-sik. Hal ini acap memicu keributan antara mereka dan membuat Man-sik ragu-ragu untuk meneruskan niatnya mendekati Yeon-hee.

Kim Hwi, seorang ahli geologi, mendapat kabar akan adanya gempa bumi singkat di Laut Jepang dan bergerak menuju Haeundae. Hwi meyakinkan Badan Pencegahan Bencana Korea untuk segera mengevakuasi warga demi mencegah jatuhnya korban akibat mega tsunami yang ditimbulkan oleh gempa tersebut. Namun sayangnya ucapan Hwi tak dianggap serius oleh mereka.

Lalu saat laut mulai surut dari pantai, masyarakat menyadari bahwa bencana akan segera datang. Ribuan orang lari menyelamatkan diri, tetapi mega tsunami telah mencapai Haeundae dan menelan banyak korban.

Pendapat setelah menonton

Kembali rilis setelah peluncurannya pertama kali pada Juli 2009, justru memberi banyak kesempatan bagi para penikmat film untuk melihat bagaimana sineas Korea Selatan telah begitu serius dalam menggarap sebuah karya.

Haeundae membawa konflik kehidupan masyarakat tepi pantai yang terdesak oleh perkembangan zaman. Dengan dialek kota Busan yang terdengar unik di telinga, film ini seolah berusaha menyakinkan bahwa tak ada yang salah dengan hidup yang biasa-biasa saja.

Meski demikian saya agak terganggu sih dengan penggambaran beberapa tokoh yang hampir selalu dalam keadaan mabuk. Bahkan di depan seorang anak berusia 6 tahun. Apakah itu merupakan hal yang wajar di sana? Entahlah.

Jangan ragukan soal scene yang menyentuh hati, karena Korea Selatan selalu jago menyenggol empati. Adegan dimana petugas penyelamat pantai memutuskan tali katrol demi menyelamatkan seorang korban, sukses bikin saya nangis!

Alur cerita yang lambat pada setengah durasi awal film, mungkin akan membuat sebagian penonton cukup bosan. Adegan perkelahian oleh preman pinggir jalan, dan adu mulut antar kawan sejawat, juga seperti terlalu sering diulang. Bahkan pertengkaran karena soal pinjam meminjam peralatan makan antar dua pemilik kedai, rasanya juga terasa terlalu dipaksakan.

Judul             : Haeundae

Sutradara      : Yoon Je-kyoon

Rilis              : 20 November 2020

Produksi       : CJ Entertainment

Produser       : Yoon Je-kyoon, Lee Sang-yong, Gil Yeong-min

Distibutor      : CBI Pictures

Genre           : Drama

Durasi           : 120 menit

Pemeran       : Sol Kyung-gu, Ha Ji-won, Lee Min-ki, Kang Ye-won

Kalian bisa memilih untuk menonton di channel TvN Movies atau menikmati sensasi dari film ini di bioskop.

Tonton trailernya di sini.

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaDetention: Terlalu Takut Untuk Ingat
Berita berikutnyaCollectors: Film yang Berkisah Tentang Para Pencuri Makam