Film pendek Ringroad, produksi Pasar Malam Films yang disutradarai oleh Andrew Kose akan ditayangkan perdana di bioskop CGV Grand Indonesia pada tanggal 19 November dan XXI Metropole Jakarta pada tanggal 20 November 2021, sebagai salah satu film yang terpilih mendapatkan Jakarta Film Fund dari acara festival film internasional Jakarta Film Week. Film festival ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Film ini juga akan tayang online secara eksklusif melalui Vidio.com.

Ringroad mengangkat tema romansa remaja, diperankan oleh Bethari Salsya Ismayandra (Mul) dan Rangga Yogata (Reza). Mul adalah seorang pekerja rumah tangga yang memutuskan kabur dari kompleks perumahan elit bersama Reza, pacarnya seorang pekerja bangunan. Mereka berpetualang melakukan hal-hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Berdurasi 15 menit, film ini bergenre neo-noir dengan sentuhan musik dangdut, memberikan nuansa yang gelap namun juga intim dengan kehidupan sehari-sehari Mul dan Reza. Gejolak remaja dan tanggung jawab sebagai pekerja ditampilkan berdampingan, menggambarkan elemen kebebasan dan juga keterbatasan lewat sebuah film noir-dangdut.

Film ini terinspirasi dari pengalaman pribadi Andrew Kose sebagai sutradara. Dalam proses pengembangan cerita dan naskahnya, tim riset mereka berdialog dengan komunitas JALA PRT (Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga), sebuah komunitas yang memperjuangkan hak-hak para pekerja rumah tangga. Juga berbicara langsung dengan beberapa pekerja rumah tangga perempuan, menggali pengalaman dan insight mereka, untuk memperkaya penokohan dan menumbuhkan empati pada karakter.

 

Baca juga: The Medium: Pelan Namun Tetap Menakutkan


Ringroad

Film ini berhasil dibuat atas kolaborasi banyak pihak, yaitu Wibawa Pictures, Inteamates, Otherlands, Sinema 5, dan didukung oleh Utuh Studio, doubleDi studio, Bengkel Akting Kuma, dan Tandamata.

Tiket Ringroad Sudah Bisa Dibeli di Loket.com

Buat kalian yang tinggal di Jakarta, film pendek Ringroad dapat ditonton di bioskop CGV Grand Indonesia dan XXI Metropole. Tiket dapat dibeli melalui Loket.com. Ketika menonton nanti, tentunya harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Untuk penayangan virtual, film ini dapat diakses mulai Sabtu, 20 November 2021 melalui https://www.vidio.com/@jakartafilmweek.

Tentang Pasar Malam Films

Didirikan pada tahun 2017, Pasar Malam Films adalah sebuah rumah produksi film yang berambisi untuk menyampaikan kondisi manusia secara universal, tanpa mengurangi esensi keindonesiaan dari karya-karyanya. Mengambil inspirasi dari gerakan gelombang baru perfilman di Prancis dan Taiwan, mereka ingin membawa semangat revolusioner dari gerakan-gerakan tersebut ke Indonesia. Mereka percaya bahwa karya yang baik bukan hanya dinilai dari segi keseniannya, tetapi juga dari kemampuannya untuk merangkul segala kalangan dan menjadi relevan di mata banyak orang.

LEAVE A REPLY