Selamat datang di Nontoners.com akhirnya punya tempat juga untuk berbagi pengalaman menonton film yang asik. oke untuk artikel pertama ini saya akan membahas  dan memberikan rekomendasi film basket terbaik yang wajib di tonton bagi para penyuka film bergenre sport, khususnya basket. atau juga yang kurang tertarik dengan film bergenre sport, bisa di mulai dari film2 berikut. kenapa untuk artikel perdana ini saya membahas tentang film basket?? itu karena saya sendiri punya 2 hobi utama yaitu menonton film dan bermain hati Basket. oleh karena itu ada dorongan hati sebagai penyuka permainan basket untuk berbagi film apa saja yang wajib di tonton. oke langsung ajah berikut daftar 7 Film Tentang Basket yang Wajib di Tonton

1. Glory Road

film basket terbaik glory road

Glory road – film bertema basket yang tidak hanya membahas tentang basket namun juga membahas tentang konflik sosial yang terjadi di amerika serikat pada masa itu. film ini pun diangkat dari cerita asli tentang seorang pelatih basket Don Haskins (Josh Lucas)  yang pindah ke Miners Texas tahun 1966 .  dia memutuskan untuk membangun sebuah tim berdasarkan bakat tanpa memandang ras.

Pada masa itu keadaan sosial disana sangat memperihatinkan karena masalah rasial kepada warga berkulit hitam tidak seperti sekarang di mana kita semua dapat bermain basket tanpa diskriminasi. lembaga tertentu dan warga kota bahkan menolak pemain berkulit hitam menjadi lineup. Namun sang pelatih tidak menghiraukannya dan mulai mengumpulkan pemain dari berbagai daerah.

Konflik yang sangat rumit tentang  diskriminasi, lalu masalah finansial dan juga kenyataan latar belakang sang pelatih akan membuat anda yang menonton merasakan perjuangan yang  sangat berat dari sang pelatih.

Disini juga saya kira menjadi titik balik gaya permainan basket konvensional yang hanya shoot,drible dan layup menjadi gaya permainan basket modern dengan teknik slam dunk, alley up dan teknik-teknik keren lainnya.

 

2. Hoosiers

film basket terbaik hoosiers

Hoosiers – Dinominasikan untuk dua Oscar (R) dan dipuji oleh Sports Illustrated dan ESPN sebagai salah satu film olahraga terbaik sepenjang masa, Hoosiers bercerita tentang kisah perjuangan seorang pelatih yang memiliki masa lalu kelam, dia terlibat dalam kasus pengaturan pertandingan antar universitas yang membuat timnya kalah. lalu dia mendapatkan kesempatan lagi sebagai pelatih basket di sebuah sma yang berada di kota kecil indiana. Film ini juga terinspirasi dari cerita asli.

3. Huricane Season

film basket terbaik huricane season

Huricane Season – menceritakan seorang pelatih basket di New Orleans, Lousiana. Dimana ia mengumoulkan anak-anak untuk membentuk suatu tim basket setelah terkena bencana badai. Anak-anak ini berasal dari latar belakang , dan sekolah yang berbeda-beda. Dengan perjuangan keras agar satu timnya dapat bergabung dan bermain dengan baik, akhirnya pelatih basket ini dapat membawa timnya menuju jalan juara nasional. Film ini menunjukkan betapa semangat dan betapa kerasnya perjuangan pelatihnya dan para pemainnya dalam membentuk suatu tim basket yang kokoh dengan latar belakang yang terkena bencana dan sedang dalam kesulitan.

4. Above The Rim

film bakset terbaik Above the Rim

Above The Rim – Film ini menceritakan seorang pemain basket SMU yang berbakat dan bercita – cita menjadi pemain basket profesional. Tetapi banyak pilihan yang sulit di hadapi, antara ia melanjutkan sekolah basket atau sekolah, kondisi ini di perumit dimana ibunya menyukai satpam di sekolahnya.

 

5. Hoop Dreams

film basket terbaik hoop dreams

Hoop Dreams– Flim ini menceritakan dokumentasi perjalanan dan perjuangan dua orang remaja Afrika – Amerika di dunia basket pelajar. Sepanjang film kita di perlihatkan usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh keduanya untuk mewujudkan cita-cita menjadi pemain NBA. Dengan banyak halangan dari ekonomi, sosial, diskriminasi, mereka tetap berjuang dan usaha tanpa mengenal lelah.

6. White Men Can’t Jump

film basket terbaik white men cant jump

White Men Can’t Jump – Bercerita tentang Billy Hoyle (Woody Harrelson) seorang pebasket kulit putih yang di remehkan kemampuanya oleh pemain berkulit hitam. suatu hari dia bertemu dengan Sidney Deane (Wesley Snipes) pemain berkulit hitam yang tahu bahwa Billy sangat hebat dalam  permainan basketnya. Sidney pun melihat peluang mencari uang dalam taruhan lalu mengajak billy untuk membuat team. film ini sangat menghibur juga memperlihatkan ikatan pertemanan yang penting.

7. Coach Carter

film terbaik coach carter

Coach Carter – Save the last for the best , yaps ini film terfavorit saya yang sangat menginspirasi .  Film ini menceritakan tentang seorang pemilik toko perlengkapan olahraga yang bernama ken carter dan juga mantan atlet basket. Dia menerima pekerjaan sebagai pelatih basket di sekolahnya dulu. Dalam proses melatih banyak rintangan yang dialami, seperti perilaku yang buruk pemainnya , ketidak kompakan antar rekan satu tim. tetapi, dengan pelatihan yang sopan dan dislipin oleh ken carter, ia dapat membentuk suatu tim yang kokoh, kuat dan tidak terkalahkan. Akan tetapi , tidak hanya dalam lapangan dia pun sangat memperhatikan hal diluar lapangan seperti nilai pelajaran . ken carter bahkan menghukum timnya dan membiarkan mereka tidak latihan dan bermain jika para pemainnya tidak mendapatkan standar nilai yang ditentukan. kerennya coach carter ini dibuat berdasarkan kisah nyata. banyak inspirasi yang bisa kita petik dari film ini seperti kedisiplinan. wajib nonton!

 

Oke sekian artikel tentang 7 Film Basket Terbaik yang Wajib Ditonton , jika ada rekomendasi film bertema basket yang menurut kalian bagus juga jangan  segan untuk komen, dan saya akan membagikannya lagi di postingan selanjutnya.

LEAVE A REPLY