Nontoners.com – Detention merupakan film yang diangkat dari video game horor popular yang dikembangkan oleh Red Candle Games dari Taiwan, dan menuai sukses yang cukup besar di Singapura, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, dan juga Hong Kong.

Sinopsis

Fang, seorang murid yang tengah menghadapi masalah keluarga setelah ayahnya ditangkap oleh pemerintah, menjadi sangat pendiam dan murung. Berkat bimbingan konseling dari Guru Zhang, Fang akhirnya dapat tersenyum kembali. Fang merasa bahwa hanya Zhang yang dapat mengerti dirinya, dan hal ini membuat dia jatuh cinta. Lalu suatu hari, Zhang dan beberapa orang lain ditangkap oleh pemerintah, dan sejak itu ia menghilang.

Fang terbangun pada tengah malam di sebuah ruang kelas yang kosong dan gelap. Ia kebingungan dan hendak menuju pintu keluar sekolah, saat tiba-tiba melihat Guru Zhang berjalan menuju aula. Namun saat Fang mencoba mengejar Zhang, lagi-lagi ia hanya menemui ruang kosong dan gelap.

Beruntungnya Fang kemudian bertemu dengan Wei, seorang murid lain yang juga tertidur di sekolah. Fang lalu meminta tolong pada Wei untuk menemaninya mencari Guru Zhang.

Mereka berdua menyusuri sekolah, tapi rentetan kejadian dan makhluk aneh seolah mengincar nyawa mereka berdua. Fang dan Wei mencari tahu tentang apa yang sebenarnya terjadi. Namun semakin dekat dengan jawaban, mereka justru harus menerima kenyataan tentang kejadian pahit yang sebelumnya coba mereka lupakan.

Pendapat setelah menonton

Detention menghadirkan horor psikologi yang cukup melelahkan. Selain disajikan dengan alur cerita maju mundur, percakapan yang padat, John Shu juga menyelipkan banyak sekali potongan puzzle yang perlu disusun.

Belum lagi tak ada perbedaan mencolok antara kejadian masa lalu dalam ingatan para tokoh dan masa kini, sehingga penonton perlu menyiapkan diri untuk terus fokus pada jalan cerita selama 100 menit lebih.

Kemunculan hantu dalam bentuk di luar kebiasaan juga  membuat saya bingung alih-alih bergidik ngeri. Hampir tak ada jumpscare yang berarti dalam film ini. Detention sepertinya memang berniat hemat dalam memicu ketakutan penonton dan memilih gebrakan dalam plot twit di akhir cerita.

Efek CGI dalam Detention untuk menghadirkan para hantu juga cukup terbilang lumayan meski buat saya masih agak kasar dan kaku. Dan scoringnya juga terasa kurang greget. Saya berharap lebih banyak dari Detention dan terpaksa berakhir menelan kecewa.

Judul                  : Detention

Sutradara          : John Hsu

Rilis                     : TBA

Produksi            : 1 Production  Film Co., Filmagic Pictures, Asmik Ace

Produser           : Lee Lieh, Lee Yao-hu

Distributor        : Moxienotion

Genre                 : Horor

Durasi                : 105 menit

Pemeran           : Gingle Wang, Fu Meng-Po, Tseng Jing-Hua, Cecilia Choi, Chu Hung-Chang
Trailernya dapat ditonton di sini.

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaThe Swordsman: Pertarungan Pendekar Pedang Antar Dinasti
Berita berikutnyaHaeundae: Harapan dalam Kesedihan

LEAVE A REPLY