Film Dark Waters berkisah tentang Robert Billot yang baru saja mendapat promosi sebagai rekan dalam sebuah firma hukum ternama saat dua orang peternak dari Virginia Barat datang menemuinya dengan membawa sekotak kaset rekaman. Wilbur Tennant, sang peternak, mengaku datang pada Billot karena tak ada seorang pun pengacara lokal yang bersedia membantu.

Sang peternak yang hampir bangkrut itu mengeluhkan kondisi hewan ternak yang sakit dan lingkungan sekitar yang rusak. Ia mencurigai DuPont, sebuah perusahaan kimia besar di Amerika sebagai biang keladi dari masalah tersebut. Billot tak yakin dengan apa yang diungkapkan Tennant dalam pertemuan singkat mereka, namun saat peternak itu menyebut mendapat referensi Billot dari sang nenek, membuat pengacara muda itu sedikit galau.

Naluri pengacara membawa Billot ke Virginia Barat. Menuju lokasi kejadian yang ternyata berhubungan dengan masa lalunya. Namun disana ia mendapati fakta bahwa alam dan masyarakat mengalami kondisi yang tak wajar, berbanding terbalik dengan hasil laporan kajian analisis dampak lingkungan di kawasan ternak Tennant.

Foto adegan dari film Dark Waters

Billot tahu bahwa kasus ini akan sangat pelik dan panjang. Ia harus memutuskan antara mempertahankan karier dan kesejahteraan keluarganya atau membantu sang peternak dan menyelamatkan masyarakat Amerika dari kebusukan besar sang raksasa.

Pendapatku setelah menonton…

Dark Waters benar-benar membuat sesak dada setelah saya selesai menontonnya. Meski memiliki alur yang cukup lambat dan melompat pada beberapa bagian, namun tak mengurangi penggambaran betawa pelik jalannya kasus yang diangkat.

Di film ini, penonton harus sangat waspada akan adanya scence-scene kecil yang ternyata memiliki keterkaitan dan mengandung penjelasan akan keseluruhan isi cerita. Yang sayangnya jika Anda sedikit saja lengah, maka akan ada gap terhadap pemahaman kasus DuPont vs Virginia Barat ini.

Foto adegan dari film Dark Waters

Judul                : Dark Waters

Sutradara         : Tod Haynes

Rilis                  : 27 November 2019

Genre               : Drama

Produser          : Mark Ruffalo, Christine Koffer

Produksi           : Participant, Killer Films

Distributor       : CBI Pictures

Durasi              : 126 menit

Pemain            : Mark Ruffalo, Anne Hathaway, Tim Robbins, Bill Camp, Victor Garber, Mare Winningham, Bill Pullman.

Trailer dari Dark Waters dapat ditonton di http://bit.ly/CBIDarkWatersID

Apa komentar kalian?