Nontoners.com – Bulan Desember disambut dengan kisah yang diangkat dari film horor pendek karya Jacob Chase berjudul Larry (2017), dan kali ini saatnya kita menyaksikan Come Play yang disutradari dan juga ditulis oleh Jacob Chase.

Sinopsis

Oliver merupakan anak autis non-verbal dan masih duduk di bangku sekolah dasar. Untuk berkomunikasi dengan orang lain, ia perlu menggunakan bantuan sebuah aplikasi yang tertanam dalam gawainya. Karena hal ini pula ia sering kali mendapat perlakuan buruk oleh teman-teman di sekolah.

Suatu hari ponsel Oliver menampilkan sebuah cerita berjudul Misunderstood Monster yang menceritakan kisah tentang Larry, sesosok makhluk yang kesepian dan sedang mencari seorang teman. Namun saat kisah Larry mulai dibacakan, beberapa kejadian menyeramkan mulai terjadi.

come play1

Sarah, sang ibu, mencoba memperbaiki hubungan Oliver dan teman-temannya dengan mengadakan acara tidur bersama. Byron, yang usil dan penasaran, secara tak sengaja membaca kisah tentang Larry dan kejadian menegangkan kembali terjadi. Acara tidur bersama pun terpaksa dibatalkan. Setelah kejadian itu, Byron yang trauma bahkan tak dapat bicara.

Namun saat Byron akhirnya menceritakan apa yang terjadi saat acara tidur bersama itu, Sarah akhirnya tahu bahwa ada sesuatu yang menakutkan tengah mengincar putra kesayangannya. Meski ia tak benar-benar tahu bagaimana cara menyelamatkan Oliver.

Pendapat setelah menonton

Monster pada film Come Play sedikit banyak membuat saya teringat pada sosok Slender Man. Namun memang meski sama-sama digambarkan memiliki perawakan kurus-tinggi dan dekat dengan dunia anak-anak, tak benar-benar membuat kisah mereka menjadi sama.

Poster dari Come Play untuk penayangan di bioskop Indonesia

Alur cerita Come Play terbilang cukup lambat dan sayangnya juga tak memiliki daya pikat baru untuk sebuah film horor. Nuansa gelap sebuah rumah, lampu yang tiba-tiba meledak, listrik yang tiba-tiba mati, atau penampakan sang sosok menyeramkan di layar monitor, tak lagi terasa menggigit. Bahkan scene hide and seek dengan sang monster yang diselingi efek suara gemeretak seperti tulang yang patah, juga tak membawa ketegangan yang berarti.

Meski saya paham bahwa sebuah film tak melulu harus berakhir happy ending, namun ada beberapa hal yang cukup mengganjal bagi saya dalam film ini. Misalnya seperti penggambaran wajah Larry sebagai sosok monster yang tak terlalu jelas, atau akhir cerita yang seolah dipaksa harus berakhir tragis.

Judul                    : Come Play

Rilis                      : 2 Desember 2020

Sutradara            : Jacob Chase

Produser             : Andrew Rona, Alex Heineman

Produksi              : Amblin Partners, The Picture Company, Reliance Entertainment

Distributor          : CBI Pictures

Genre                   : Horor

Durasi                  : 96 menit

Pemain                 : Gillian Jacobs, John Gallagher Jr, Azhy Robertson, Winslow Fegley.
Kalian dapat menonton trsilernya di tautan ini.