Nontoners.com – Surabaya, 16 Juli 2016 – Adegan penuh bahaya, situasi kritis menegangkan dan perjuangan keluar dari keterputusasaan hingga akhirnya berhasil menang mengalahkan tantangan yang ada dalam film action-disaster pertama Indonesia, “BANGKIT!”, diperkuat oleh Nidji melalui original soundtrack (OST) dengan judul sama. Nidji pun menggelar live concert-nya tepat saat premiere pemutaran film “BANGKIT!” di Surabaya Town Square Jawa Timur, 16 Juli 2016 dan akan hadir saat premiere pemutaran film di Plaza Senayan, 18 Juli 2016.

Konferensi Pers Bangkit! Surabaya

“Film ini luar biasa powerful!”, sambut Giring vokalis Nidji, “Kami tidak mengalami kesulitan sama sekali dalam menciptakan komposisi baru dan lagu ini lahir melalui proses yang relatif cepat. Lagu ‘BANGKIT!’ kami buat menghentak, sangat positif dan membangkitkan semangat. Pokoknya betul-betul pumpinguplifting dan encouraging!” Giring yang menulis hampir semua lagu-lagu Nidji mengaku bahwa lirik yang disusunnya mengikuti alur cerita film dan pesan-pesan yang tersirat di dalamnya. Ia pun percaya bahwa lirik OST ini akan membangkitkan inspirasi bagi siapa pun yang mendengarkannya. Nidji juga mengakui bahwa beat demi beat yang dilahirkan, terinspirasi sepenuhnya dari adegan demi adegan dalam film tersebut. Sound yang dipilih pun disesuaikan mengikuti ‘mood’ setiap scene. “Kami memberi sentuhan string dan perkusi untuk menambah efek dramatis yang lebih kental dalam lagu ini,” tambah Rama, gitaris Nidji. Penambahan elemen string dan perkusi tersebut dipercayakan pada Denny Chasmala, arranger papan atas Indonesia yang terkenal sangat handal dalam hal aransemen string. Nidji bahkan menggarap secara khusus bagian intro lagu ini melalui kerjasama dengan Steve Smith, produser movie scores yang sedang naik daun dan sukses dengan karya-karyanya yang mampu menjadikan berbagai film penuh kesan, salah satunya adalah ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk’.

Konferensi Pers7
Tidak tanggung-tanggung, mixing lagu yang berdurasi 3 menit 51 detik ini dikerjakan secara serius oleh Simon yang bertangan dingin dalam mengemas sekian banyak lagu hits Indonesia. Tahap final dari proses mastering lagu ini dilakukan di Amerika Serikat oleh Chris Graham, salah satu top musical engineers dunia. OST “BANGKIT!” ini melengkapi pencapaian Nidji dalam melahirkan karya emas bagi film-film box office Indonesia seperti “Laskar Pelangi”, “5 cm” serta “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk”, hingga band ini dijuluki Raja Soundtrack Indonesia.
Nidji pun berharap lagu yang telah tersedia di berbagai medium sejak 28 Juni 2016 dapat diterima dengan baik oleh seluruh fans Nidji dan secara luas oleh masyarakat Indonesia. “Semoga OST ini juga memperkuat kesan positif dan mampu menggaungkan pesan yang ingin disampaikan dalam film ‘BANGKIT’!, karena menyerah bukan pilihan…”, pungkas Giring.

“…bertahan hidup menahan perih
berlutut lemah di tanah
bisik harapan, leburkan nyali
menantang maut di depanku
kuharus semangat kalahkan takutku, sakitku
hidup harus berarti
janganlah melemah di bawah tekanan ini
bangkit dan menang…”

Apa komentar kalian?