Nontoners.com – Arctic berkisah tentang Overgard (Mads Mikkelsen), seorang pilot, terdampar di Kutub Utara setelah pesawatnya mengalami kecelakaan. Di film ini dalam kesehariannya, Overgard diceritakan menyibukkan diri dengan memancing ikan, menggali es untuk membuat tanda SOS, membersihkan makam sahabatnya, dan berusaha melakukan kontak lewat sinyal radio pesawat yang lewat. Tinggal dengan fasilitas seadanya dalam cuaca dingin, membuat Overgard harus kehilangan beberapa jari kaki, sementara jari tangannya juga sudah mulai menghitam.

Hingga suatu hari, usahanya melakukan kontak akhirnya membuahkan hasil. Sebuah helikopter mendekat ke arahnya. Sayang, pusaran badai menyapu ekor helikopter dan membuat hidung helikopter menghantam gundukan es. Saat Overgard mendekat, ia menyadari bahwa hanya satu dari dua orang penumpang yang selamat, seorang perempuan muda (María Thelma Smáradóttir). Overgard membawa perempuan muda ke bangkai pesawatnya.

Perempuan muda itu menderita luka yang cukup parah di bagian perut. Overgard lalu kembali ke helikopter setelah melakukan pertolongan pertama pada perempuan itu, dan mendapati tabung gas, korek api, beberapa mie instan, makanan kaleng, peta, serta sebuah foto keluarga kecil perempuan muda yang ia selamatkan. Dengan sabar, Overgard merawat luka sang perempuan muda, juga memberinya makan. Setelah sekian lama hidup dengan memakan ikan mentah dan kedinginan, ia akhirnya merasakan panas dari api di kompos gas.

Namun menyadari bahwa kondisi perempuan muda yang tak juga membaik, Overgard berniat melakukan perjalanan mencari pertolongan bagi mereka berdua. Setelah mempelajari peta, Overgard pun bersiap untuk meninggalkan pesawat. Ia menghitung butuh waktu dua hari untuk sampai ke sebuah tempat yang diduga terdapat sebuah gedung stasiun. Sayangnya, dalam perjalanan ternyata terdapat bukit batu yang tak terekam pada peta dan tak dapat dilewati oleh perempuan muda yang terbaring di tempat tidur darurat. Overgard terpaksa mengubah rute perjalanan meski harus menghabiskan waktu yang lebih lama, lima hari.

Trailer dari Arctic dapat ditonton di sini.

Pada suatu malam saat mereka tengah beristirahat di dalam gua es, seekor beruang kutub mencoba menyerang. Overgard mengusir beruang dengan salah satu dari dua kembang api darurat yang miliki. Sialnya lagi, tabung gas mereka juga habis pada malam sebelum mereka tidur.

Putus asa karena kelelahan, kehabisan air minum, kehabisan makanan, dan jari-jarinya yang mulai kaku, membuat Overgard berpikir untuk meninggalkan sang perempuan muda yang semakin pucat. Ia menduga bahwa perempuan muda tak akan dapat bertahan saat mereka sampai. Namun saat ia tengah termenung karena matanya melihat rumput di sela-sela bebatuan.

Belum sempat Overgard melangkah, lapisan es di bawah kakinya amblas. Parahnya, kaki Overgard terjepit di antara dua batu besar. Usahanya untuk melepaskan diri membuat kakinya terluka cukup parah. Dengan terseok-seok, ia berjuang untuk kembali ke atas. Saat Overgard kembali untuk melihat kondisi sang perempuan muda, ia mengetahui bahwa perempuan itu ternyata masih hidup. Overgard menyesal dan meminta maaf hingga menangis pada perempuan muda itu. Dengan sisa-sisa tenaganya, Overgard meneruskan perjalanan mereka hingga kemudian ia mendengar suara helikopter.

Judul                     : Arctic

Rilis                        : 27 Maret 2019

Sutradara            : John Penna

Produksi              : Armory Films, Union Entertainment Group, Pegasus Pictures

Produser             : Chris Lemole, Tim Zajaros, Noah C. Haeussner

Durasi                   : 97 menit

Pemain                 : Mads Mikkelsen, María Thelma Smáradóttir

TINJAUAN IKHTISAR
Overall Scores
BAGIKAN
Berita sebelumyaRoy Kiyoshi The Untold Story : Teror Sang Banaspati
Berita berikutnyaHomestay (2019) : Mencari Alasan Untuk Hidup

Apa komentar kalian?