Nontoners.com – Bagaimana jika sosok monster menakutkan menjadi penasehat kita untuk mengingatkan akan arti seorang ibu dan kehidupan?

Penyakit yang diderita sang ibu (Felicity Jones) membuat hidup seorang anak bernama Connor O’Malley (Lewis MacDougall) tidak merasakan hangat nya kasih sayang seorang ibu. Selain ini Connor harus menerima bully dari teman-teman sekelasnya yang membuat anak umur 12 tahun ini semakin tertekan dan ditambah konfliknya dengan sang nenek (Sigourney Weaver) yang membuat Connor selalu di hampiri mimpi buruk. Hingga suatu malam, ada suara misterius dan tampaklah sosok Monster menyerupai pohon (Liam Neeson) muncul di jendela kamarnya. Sang Monster bercerita tentang dongeng dan menarik Connor ke dunia fantasi penuh keindahan dibalut visual menakjubkan yang mengajarkan keberanian, kejujuran, kepercayaan dan ketegaran. Mampukah Connor melewati semua? Siapa sebenarnya sosok Monster tersebut?

Felicity Jones sebagai seorang Ibu yang terjangkit penyakit
Felicity Jones sebagai seorang Ibu yang terjangkit penyakit

Dari deretan pemainnya saja sudah meyakinkan, Felicity Jones, Toby Kebbell, Liam Neeson dan Sigourney Weaver serta J.A Bayona (The Impossible) sebagai sutradara yang mampu menghadirkan balutan cerita hangat sarat makna namun dengan penggambaran yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Sebelumnya Bayona mampu menghadirkan suasana ngeri, perih dan haru di The Impossible, kali ini ia bermain dengan tema fantasy yang di angkat dari novel berjudul A Monster Calls karya Patrick Ness.

Sajian filmnya sungguh menawan, ritme drama yang sebenarnya bisa terjadi dengan kita kapanpun. Sosok Monster disini adalah gambaran imajinasi dari penafsiran sifat dan keinginan Connor untuk bisa lepas dengan masalah. Dalam film ini Monster disuarakan oleh Liam Nesson (Taken, Batman Begins)yang sangat memikat hati dan berwibawa dengan suara bass nya, diimbangi dengan akting Lewis Macdougall (Pan) yang tampil sempurna sebagai Connor dan mampu mengaduk emosi penonton. Ditambah dengan sosok Ibu yang diperankan Felicity Jones (Inferno, Rogue One : A Star Wars Story) secara apik dan layak diberikan standing applause. Tak ketinggalan sang Nenek, Sigourney Weaver (Alien, Avatar) mampu membuat penonton merasa kesal sekaligus iba karena kepiawaian Weaver berakting, tak lupa Toby Kebbell (Ben-Hur – 2016, Reboot Fantastic Four) meski tidak banyak scene yang dilakoninya namun mampu menampilkan sosok Ayah dengan sangat baik.

Lewis Macdougall dan sosok Monster (Liam Nesson)
Lewis Macdougall dan sosok Monster (Liam Nesson)

Kredit khusus pasti nya diberikan kepada penulis cerita yang ternyata Patrick Ness sendiri yang turun tangan. Cerita yang dihadirkan dari awal hingga akhir sungguh memikat, balutan nya tidak biasa namun mampu membuat penonton merenung akan arti hidup dari film ini dengan banyaknya nasehat yang tersirat dari dialog dan cerita dari sang Monster. Standing Ovation kepada team dari sinematografi yang bisa menampilakan elemen-elemen fantasi yang mengagumkan, gambaran dunia cerita dengan sentuhan tinta yang sungguh indah.

Lewat tangan dingin J.A Bayona film ini berada level tertinggi untuk genre fantasi sebagai yang terbaik tahun ini. Percaya, setelah menyaksikan film ini, sosok Ibu kalian akan terbayang dan tak akan mau kehilangan sosok Ibu, walau pada kenyataan nya itu akan kita alami kelak. Bersiaplah dengan banjir air mata menonton film ini.

LEAVE A REPLY